Watch and Read

Watch and read the publications, brochures, posters, leaflets and videos of Wetlands International Africa.

Current publications | Search

Compilation of MFF SGF Study: Studi Kompilasi Program Fasilitasi Dana Hibah Skala Kecil - Mangroves for the Future Indonesia

Program kerja utama dari MFF di Indonesia pada tahun 2014 adalah peningkatan kapasitas sertaimplementasi 16 proyek berskala kecil dan 1 proyek berskala menengah yang mengedepankan isu perbaikan dan peningkatan fungsi ekosistem pesisir, khususnya mangrove, serta peningkatan kapasitas dan penghidupan masyarakat pesisir. Dalam proses implementasi proyek di lapangan, lembaga penerima hibah atau grantee (LSM, KSM serta Universitas) melakukan berbagai inovasi sederhana, berbiaya murah dan berbasis masyarakat. Dalam usaha restorasi ekosistem mangrove melalui program Mangrove for the Future – Small Grant Facilitacy (MfF – SGF), masyarakat merupakan pelaku utama pengelolaan. Donor, pemerintah pusat dan daerah, LSM/NGO serta mitra lainnya merupakan fasilitator kegiatan. Interaksi yang harmonis antara stakeholder menjadi prioritas agar ide dan nilai dalam kegiatan restorasi mangrove dapat diintroduksi dan diterapkan oleh masyarakat. Hal ini menjadi tantangan utama sehingga diperlukan pendekatan yang tepat agar hubungan berbagai pihak dapat diperbaiki.

 


Description:

 

Oleh sebab itu dalam menata hubungan stakeholder khususnya masyarakat, pemerintah dan mitra, diperlukan suatu proses yang mampu membawa masing-masing pihak pada keadaan yang lebih baik. Masing-masing pihak dapat menjalankan kepentingannya tanpa terjadi perbenturan dengan kepentingan yang lain. Proses inilah yang dinamakan pembelajaran sosial. Selain hubungan antara stakeholder, dalam pelaksanaan kegiatan restorasi ekosistem mangrove pun tidak bisa dipisahkan dengan aspek-aspek teknis pelaksanaan di lapangan. Sehingga, selain pembelajaran sosial, pembelajaran teknis kegiatan adalah sesuatu yang sangat penting untuk dikaji. Pembelajaran teknis di lapangan dapat dikaji dari berbagai kegiatan rehabilitasi/penanaman mangrove serta pemberdayaan ekonomi masyarakat pada masing-masing lokasi kegiatan. Pembelajaranpembelajaran ini diharapkan akan mewujudkan kesepahaman berbagai pihak dalam memandang dan mengimplementasikan kegiatan restorasi ekosistem mangrove.

 

share by email email